Konfigurasi bridge 2 ethernet di centos7

Konfigurasi bridge 2 ethernet di centos7

Kali ini saya akan sharing bagaimana mengkonfigurasi bridge 2 ethernet pada centos7. Setelah googling ke sana-kemari ternyata membuat bridge tidak sesusah seperti yang saya lakukan hingga 3 hari begadang tidak kelar-kelar. Hal ini dikarenakan kesalahpahaman saya dari konsep bridge itu sendiri. Saya berpikir bahwa bridge di semua perangkat berbeda dan mengikuti aturan masing-masing platform, sebenarnya yang saya pikirkan tidak salah hanya saja untuk centos7 prinsipnya sama dengan bridge secara umum, bukan masing-masing platform. Konsep bridge centos7 dengan mikrotik  memang agak beda menurut saya meskipun tidak berbeda banget, yang berbeda hanya konfigurasinya … wwkwkwkwk (itu mah sama lol :D )

kembali ke topik bridge,
bridge adalah menjembatani antara 2 jaringan, entah itu jaringannya sama atau berbeda. Baik itu satu lokasi atau banyak tempat. Yang jelas fungsinya untuk menjembatani jaringan. Sedangakan apabila menjembatani 2 network yang berbeda (beda segmen) menurut saya itu merupakan router karena melakukan NAT, atau di mikrotik atau linux biasanya di sebut masquerade. Nah di sinilah saya kurang ngeh dengan konfigurasi yang akan saya buat. Usut punya usut ternyata saya salah nanya sama guru sini :D . masalahnya gurunya bingung dengan pertanyaan saya. Dan yang benar adalah sebagai berikut ilustrasi gambarnya
dari gambar di atas bisa di lihat bahwa saya memiliki jaringan 192.168.100.0/24 dan posisi centos7 yang akan saya install seharusnya berada antara jaringan lokal dan router, atau seharusnya diantara router dan jaringan luar. Tetapi karena ini adalah lab saya maka itu adalah suka-suka saya.. wkwkwkwk..

Sebelumnya install centos7 di komputer yang memiliki 2 ethernet. Dan saya anggap bahwa komputer sudah terinstall centos7 dengan data sebagai berikut :
OS :centos7

ethernet device : enp2s0 dan enp3s0 (biasanya device ethernet yang sudah terinstall aplikasinya tidak bisa diganti, kecuali install driver dan maklum ane belum bisa gan :D )

Langkah pertama
stop network manager agar tidak mengcreate otomatis konfigurasi ethernet yang kita hapus dengan perintah
systemctl stop NetworkManager
systemctl disable NetworkManager
hal ini akan mengakibatkan nmtui tidak bisa digunakan dan selamat anda harus konfigurasi manual semua device ethernet. tapi tenang saja, disini akan saya jelaskan satu persatu

Langkah kedua
hapus kedua konfigurasi interface yang sudah ada. Sebenarnya cukup merubahnya saja, berhubung saya gk tertalu paham semua konfigurasi maka saya putuskan supaya anda hapus semua konfigurasinya. (daripada saya ditanyain gk bisa jawab.. hahahaha )

cd /etc/sysconfig/network-script/
rm -rf ifcfg-enp2s0 ifcfg-enp3s0
Langkah ketiga
create baru konfigurasi ethernet yang sudah kita hapus
vi ifcfg-enps0
kemudian isi dengan berikut :
DEVICE=enp2s0
ONBOOT=yes
NM_CONTROLLED=no
#TYPE=ETHERNET
BRIDGE=bridge0
BOOTPROTO=static
#IPADDR=192.168.100.8
#NETMASK=255.255.255.0
#GATEWAY=192.168.100.1
#DNS1=192.168.100.1

jangan untuk create juga untuk ethernet yang satunya
vi ifcfg-enp3s0
kemudian isikan juga sebagai berikut :
DEVICE=enp3s0
ONBOOT=yes
NM_CONTROLLED=no
#TYPE=ETHERNET
BRIDGE=bridge0
BOOTPROTO=static
dan yang terakhir buat juga Device bridge
vi ifcfg-bridge0
dan isikan berikut ini :
DEVICE=bridge0
ONBOOT=yes
NM_CONTROLLED=no
TYPE=Bridge
BOOTPROTO=static
IPADDR=192.168.100.8
NETMASK=255.255.255.0
Langkah Terakhir
restart network servicenya dengan perintah berikut
systemctl restart network
jangan lupa untuk memasang kedua ethernet, karena akan mengalami kegagalan dan dianggap interfacenya tidak terpasang. Akhirnya service tidak bisa di restart

Dan itulah sedikit pengalaman mengkonfigurasi bridge 2 ethernet di centos7
mudah-mudahan bermanfaat, salam sharing (^_^)

0 komentar