jenis-jenis konfigurasi kabel jaringan

jenis-jenis konfigurasi kabel jaringan

jenis-jenis konfigurasi kabel jaringan dikenal hanya ada 2 macam, yaitu cross dan straight, hal itu tidak salah sepenuhnya tetapi lebih tepatnya urutan kabel ada 2 macam yaitu 568A EIA/TIA dan 568B EIA/TIA sedangkan crossover dan straight merupakan jenis konfigurasi kabel jaringan.

istilah crossover dan straight itu muncul karena adanya persamaan antara urutan kedua ujung kabel. Dan sampai sekarang yang terpakai istilah dalam pengkabelan adalah straight dan crossover.

Dari 8 kabel (4 pair) kabel utp, yang terpakai sebetulnya hanya 4 kabel saja (dua pair). dua kabel untuk transmit atau transfer data dan dua kabel untuk receive atau menerima data. Walaupun hanya empat kabel yang terpakai, kita tidak boleh sembarangan mengambil kabel mana saja yang akan dipakai. Kabel yang dipakai haruslah dua pair atau dua pasang. Tanda kabel satu pasang adalah kabel tersebut saling melilit dan memiliki warna / stripe yang sama.

Menurut standar TIA/EIA-568-B pasangan kabel yang dipakai adalah pasangan orange-orange putih dan hijau-hijau putih.
Sementara pin yang dipakai dari delapan pin yang dimiliki RJ-45 yang terpakai adalah Pin nomor 1-2-3-6 sementara nomor 4-5-7-8 tidak terpakai untuk transmit dan receive data alias menganggur. Dan biasanya digunakan sebagai pengganti kabel POE alias power over Ethernet.

Untuk istilah pengkabelan yang sudah dikenal yaitu Straight dan Crossover. Berikut perbedaannya:
Konfigurasi kabel jaringan straight
  • Kabel straight berfungsi untuk menghubungkan komputer ke hub, komputer ke switch, switch ke router, hub ke router.
  • kabel straight ada dua macam, yaitu 568A EIA/TIA dan 568B EIA/TIA
  • untuk urutan kabel 568A EIA/TIA adalah PutihHijau Hijau, PutihOrange Biru, PutihBiru Orange, PutihCokelat Cokelat
  • untuk urutan kabel 568B EIA/TIA PutihOrange Orange, PutihHijau Biru, PutihBiru Hijau, PutihCokelat Cokelat
untuk lebih jelasnya bisa melihat pada gambar berikut
untuk membuat kabel straight yang artinya sejajar yang berarti antara ujung satunya dan ujung yang lain sama. Maka penggunaannya pilih salah satu saja, Pilih model 568A atau 568B, biasanya yang sering dipakai adalah 568B. sebenarnya tidak mengikuti standar EIA pun bisa terkoneksi asalkan urutan kabel antara ujung yang satu dan ujung yang lain sama. Tetapi beberapa kabel yang tipe lama sudah disesuaikan standarnya sesuai EIA jadi terkadang koneksi tidak bisa tersambung. Kemungkinan karena penurunan kualitas untuk kabel yang tidak terpakai.

Konfigurasi kabel jaringan Crossover
  • Konfigurasi kabel jaringan crossover berfungsi untuk menghubungkan komputer ke komputer, hub ke hub, switch ke switch, hub ke switch
  • kabel crossover merupakan gabungan dari kedua macam urutan kabel 568A dan 568B
 
Itulah sedikit artikel tentang jenis-jenis konfigurasi kabel jaringan
mudah-mudahan bermanfaat, salam sharing (^_^)

1 komentar: