Cara install dan konfigurasi vnc di windows xp

Cara install dan konfigurasi vnc di windows xp

Artikel kali ini berasal dari teman kantor saya. Daripada disimpan saya di nas kantor, alangkah baiknya disharing di dunia maya :) . sebelumnya pernah saya minta untuk masing-masing orang membuat artikel atau tutorial 3 saja untuk selanjutnya saya ajaring dasar-dasar ngeblog sehingga nantinya mendapat nilai lebih dari bekerja di kantor yang saat ini. Selain profilenya bertambah karena memiliki blog tutorial selain itu dengan menulis dapat mengembangkan cara berpikir bagaimana mengajari orang lain untuk mengikuti cara berpikir kita, dengan kata lain dapat mengembangkan cara berkomunikasi dan membiasakan membuat laporan tertulis. Usut punya usut ternyata saya yang terbawa suasana kantor yang serba no report :D .
Berikut artikelnya 

VNC (Virtual Network Connection) adalah software yang dapat digunakan untuk meremote atau melihat aktivitas kerja dan berinteraksi dengan satu komputer melalui komputer lain dalam jaringan lokal maupun internet tentu saja kalau melalui internet harus memiliki ip public supaya bisa diakses.

vnc merupakan salah satu aplikasi yang multi platform, bisa berjalan di windows dan di linux. Bahkan pada linux, vnc merupakan standart remote desktop dan yang paling sering digunakan

Untuk kebutuhan artikel ini yang perlu disiapkan adalah komputer yang terkoneksi dengan jaringan dan aplikasi vnc itu sendiri. Untuk aplikasi vnc bisa di download di website resminya.
Berikut cara install dan konfigurasi vnc di windows xp :

1. Setelah selesai mendownload vnc jalankan softwarenya untuk dilakukan install dengan mengklik kiri 2 kali.
2. Setelah itu klik next untuk melanjutkan instalasi .
3. Pilih “I accept the agreement”, kemudian tekan Next .
4. Pilih di direktori mana anda ingin menginstall aplikasi vnc ini .
5. Pilih component yg ingin ada install. vnc server untuk komputer yang akan di remote dan vnc viewer untuk komputer yang mengontrol.
6. Untuk yg ini, perlu anda perhatikan adalah : Bila anda menginginkan komputer anda hanya bisa di remote dari komputer lain tanpa bisa meremote ke komputer lain, pilih lah vnc server saja . Bila anda menginginkan komputer anda hanya bisa meremote komputer lain tanpa bisa diremote dari komputer lain, pilihlah vnc viewer saja. Tapi bila anda menginginkan komputer anda bisa diremote dan meremote dari / ke komputer lain, pilih vnc server dan viewer.
7.  Nah apabila anda memilih komponen vnc server dilangkah yg sebelumnya,  maka anda akan ditanyakan apakah ingin mendaftarkan vnc sebagai service di komputer anda ? Saran saya, sebaiknya dicentang saja untuk pilihan ini.
8. Setelah itu, ditampilkan summary dari hasil proses installasi sebelum benar-benar vnc di install di komputer anda
Konfigurasi vnc
9. Diakhir proses instalasi, akan ditanyakan apakah ingin memasang password ketika komputer anda akan diremote menggunakan vnc. Lalu pilih configure.
10. Isikan dengan password yg anda inginkan.
11. Sampai disini belum selesai. Cari tab “Connection”, dan masukkan di firewall anda port 5900 dibagian “Exception” bila menggunakan firewall bawaan Windows XP, apabila anda mengaktifkan firewall. Agar software ini bisa digunakan.

 


12. Sampai disini, proses install vnc sudah berhasil dilakukan. untuk melihat apakah service vnc sudah berjalan, lihat ke kanan bawah desktop / kolom system tray icon, apakah sudah nampak seperti dibawah ini
13. Apabila vnc sudah berjalan dengan baik, maka anda sudah dapat menggunakannya. Apabila tidak, silahkan kalian lakukan proses Uninstall dan ikuti langkah-langkah seperti yg ada diatas.
Menggunakan vnc remote desktop di windows xp
14. Untuk dapat menggunakan vnc, anda install kembali software ini di komputer selain milik anda yg tentunya dalam 1 jaringan yg sama dengan komputer anda. Langkah-langkahnya sama dengan yg ada di atas.
15. Apabila sudah di install, untuk dapat meremote komputer lain jalan vnc viewer dengan melalui :
Start > All Programs > vnc > vnc viewer 4 > Run vnc viewer.
16. Pada kolom “Server”, masukkan ip address dari komputer yg akan anda remote dan tentu saja yg sudah terinstall vnc juga. Setelah itu, tekan “Ok”.
16. Masukkan password yg telah di konfigurasi ketika anda menginstall vnc di komputer tersebut.  Jangan sampai salah. Setelah itu tekan “Ok”. Apabila sudah benar melakukan semua langkah-langkah ini, maka anda akan berhasil melakukan remote terhadap komputer user yg ada didalam jaringan anda.

Itulah sedikit tutorial bagaimana install dan konfigurasi vnc di windows xp
mudah-mudahan bermanfaat, salam sharing (^_^)

0 komentar