Cara Mengecek Hardware Komputer di Linux

Cara Mengecek Hardware Komputer di Linux

Pernahkah kita berpikir bahwa sebenarnya spesifikasi komputer yang kita pakai berapa sih? kalau di windows tentu kita berpikir, oh bisa kita cek melalui komputer properties atau menggunakan dxdiag atau kalau perlu lebih komplit bisa menggunakan aplikasi gratis yang biasa digunakan untuk keperluan cek hardware yaitu cpu-z , biasanya yang sering mendapat pertanyaan seperti itu adalah bagian technical support atau admin technical support. Salah satu cara adalah dengan menggunakan software cpu-z

menggunakan cpu-z kita dapat mengetahui semua kondisi hardware secara keseluruhan, mulai dari merk, frekuensi, bahkan voltase dari perangkat hardware yang terpasang di komputer. semua itu bisa dilakukan pada komputer yang berbasis windows. bagaimana apabila komputer yang akan kita cek berbasis linux, centos atau ubuntu misalnya. jawabannnya sebenarnya lebih sederhana dan lebih simple daripada di windows hanya membutuhkan beberapa karakter tidak lebih dari 30 karakter. dan itupun hanya di jalankan di terminal, sekali lagi ini adalah kelebihan dari system operasi linux.

Kelebihan operating system linux sebenarnya lebih flexible dan banyak dibandingkan windows tetapi masih banyak yang belum mengetahuinya bahkan saya sendiri pun awalnya tidak tahu dan sempat bingung bagaimana caranya mengecek hardware dan aplikasi apa kira-kira yang perlu saya instal. usut punya usut ternyata tanpa kita install aplikasi pun sudah disediakan oleh ubuntu dan komplit tidak kalah dengan aplikasi cpu-z dan bahkan boleh dibilang lebih komplit. yaitu aplikasi lshw, aplikasi ini sudah terinstall pada saat kita pertama kali menginstall linux. dan aplikasi ini gratis tanpa dipungut biasa dan kita pun tidak dituntut macam-macam, hanya tinggal pengetahuan kita saja yang diperlukan untuk menggunakan aplikasi ini.
untuk mengecek hardware di linux cukup kita ketikan perintah
sudo lshw -html > /home/infohardware.html 
yang dihasilkan dari perintah diatas adalah file infohardware.html yang berlokasi di directory home
-html dimaksudkan untuk mengexport menjadi file html, sebenarnya tanpa opsi -html sudah cukup hanya saja langsung ditampilkan begitu saja, dan tidak terdapat log yang dapat kita gunakan, itulah sebabnya perlu dilakukan export menjadi file html.

setelah dilakukan pengecekan hardware akan ditampilkan, kapasitas memori, cpu, frekuensi memori, ethernet, merk motherboard, slot motherboard dan lain sebagainya.
Nah itulah sedikit sharing pengetahuan dari saya

Dan itulah sedikit pengalaman saya cara mengecek hardware komputer di linux
mudah-mudahan bermanfaat, salam sharing (^_^)

0 komentar