Cara install team viewer di ubuntu 14.04

Cara install team viewer 10 di ubuntu 14.04

Kali ini saya ingin membahas bagaimana caranya menginstall team viewer 10 di ubuntu 14.04, karena kebanyakan user saya menggunakan ubuntu 14.04 dan saya harus menjelaskan satu persatu bagaimana mengkonfigurasi komputernya, padahal hal tersebut sangat menguras waktu dan pikiran saya yang semestinya hanya perlu dilakukan sekali atau dua kali ternyata harus dilakukan beberapa kali untuk orang yang berbeda bahkan terkadang juga untuk orang yang sama. Untuk itu saya ingin menulis tulisan mengenai ini sehingga apabila ada yang bertanya maka akan saya infokan linknya dan teman-teman dapat mengerti dan mendapat ilmunya sekaligus saya tidak perlu membuang waktu untuk belajar hal yang lain. Sambil menyelam minum air maksudnya, sekali tembak mengenai banyak sasaran, satu dua penjelasan beberapa sekaligus dapat mengerti :D

Hal yang perlu diperhatikan adalah kita mempunyai file aplikasi team viewer 10 yang akan kita install dan akses ke root di ubuntu yang akan kita install.

Untuk mendapatkan aplikasi teamviewer 10 bisa mengambil di webnya team viewer di halaman download dan pilih sesuai dengan operating system yang kita pakai. Untuk ubuntu 14.04 saya memilih file berekstensi .deb 32 bit. yang selanjutnya kita tinggal menginstall file tersebut, bisa menggunakan ubuntu software center atau menggunakan terminal.

link download sebagai berikut http://download.teamviewer.com/download/teamviewer_i386.deb

Untuk menginstall menggunakan ubuntu software center kita cukup mengklik dua kali file teamviewer yang sudah ada atau klik kanan dan open with software center maka akan ditampilkan aplikasi team viewer yang akan di install dan kita tinggal klik pilihan install pada pilihan sebelah kanan. Dan aplikasi akan diproses untuk diinstall biasanya akan ditampilkan pop up yang meminta password untuk mengakses root dan woila maka aplikasi team viewer sudah terinstall di komputer ubuntu kita. :)

Cara yang lain untuk menginstall teamviewer 10 adalah dengan menggunakan terminal. Ada beberapa kelebihan apabila kita menginstall team viewer 10 menggunakan terminal, salah satunya adalah apabila ada kesalahan dalam proses penginstallan maka akan ditampilkan apa saja yang salah dan perlu diperbaiki, hal ini berbeda halnya dengan menggunakan aplikasi software center yang tanpa warning dan kita bingung mau ngapain dan kog gk bisa-bisa kita install, dan akhirnya percobaan installasi berulang kali dengan hasil yang sama karena pesan kesalahan tidak kita ikuti karena memamng pesan kesalahannya tidak ditampilkan.

Untuk menginstallnya kita cukup masuk ke terminal di lokasi file team viewer.deb
Dan jalankan perintah
sudo apt-get install –f teamviewer.deb
maka team viewer akan langsung di install ke dalam komputer ubuntu kesayangan kita. Biasanya pesan kesalahan yang sering muncul adalah adanya library jpeg yang belum terinstall, sehingga akan menampilkan pesan bahwa library yang bersangkutan belum terinstall (tentu saja ini hanya artinya saja, pesan kesalahannya saya lupa :D ). Library jpeg digunakan oleh team viewer untuk meload stream interface komputer yang kira remote, dan team viewer ini tampaknya menggunakan kompresi jpeg yang merupakan gambar dimaksudkan agar koneksi lebih ringan daripada kompresi video.

Dan itulah sedikit sharing pengetahuan saya bagaimana menginstall team viewer 10 di ubuntu 14.04
mudah-mudahan bermanfaat, salam sharing (^_^)

0 komentar