cara install skype di ubuntu 14.04

cara install skype di ubuntu 14.04

Skype merupakan aplikasi multi fungsi, selain untuk chatting juga bisa digunakan untuk telepon via internet. Dan ada beberapa pula yang menggunakan untuk sharing desktop atau remote desktop antar user.

Skype menggunakan teknologi peer to peer untuk berkomunikasi antar user, terkadang jadi terasa membebani jaringan, tetapi saat ini entah protocolnya yng di rubah atau bagaimana sehingga skype terasa ringan, secara default skype menggunakan port 80, hal ini menyebabkan bentrok dengan aplikasi yang sama yang menggunakan port 80 terutama bagi web developer yang pastinya virtual webservernya menggunakan port 80. Untuk menggantinya kita bisa mengubah port yang dipakai di dalam konfigurasi skype sehingga untuk komunikasi tidak menggunakan port 80.

Di sini yang akan saya bahas adalah bagaimana cara menginstall skype di ubuntu 14.04, karena tidak seperti di windows yang kita tinggal download file instalasinya kemudian tinggal next next saja. Di ubuntu ada beberapa step yang bagi orang awam perlu diketahui. Untuk menginstall skype di ubuntu 14.04 dapat menggunakan 2 cara, yaitu via terminal atau menggunakan software center.
Syarat untuk menginstall skype adalah architecture komputer harus 32 bit, bagi yang menggunakan 64 bit harus menginstall multiarch terlebih dahulu agar skype dapat berjalan. Untuk menginstall paket multiarch, pada terminal jalankan perintah berikut ini
sudo dpkg --add-architecture i386
Menginstall skype menggunakan software center
Untuk menginstall skype menggunakan software center, kita memerlukan file package installer dari skype atau bisa juga dengan menambahkan repository partner, untuk menambahkannya cukup membuka software dan updates kemudian aktifkan pilihan Canonical Partners repository pada tab other software.
Kemudian tutup software dan updates, biarkan agar mengupdate datanya. Setelah selesai bisa dibuka software center ubuntu dan ketikkan skype, maka akan ada pilihan skype dan kita tinggal klik install, dan proses intalasi akan berjalan. Jangan lupa untuk memasukkan password root agar dapat dilanjutkan dalam proses instalasinya.

Menginstall skype menggunakan terminal.
Menginstall skype menggunakan terminal, ada 2 cara juga yang pertama menambahkan repository dan kemudian update data header aplikasi dan kita tinggal menjalankan perintah install.
sudo add-apt-repository "deb http://archive.canonical.com/ $(lsb_release -sc) partner"
sudo apt-get update && sudo apt-get install skype
Yang kedua dengan cara kita mendownload terlebih dahulu paket skypenya dengan perintah
wget download.skype.com/linux/skype-ubuntu-precise_4.3.0.37-1_i386.deb
kemudian kita install packet yang sudah kita download menggunakan perintah
sudo dpkg -i skype-ubuntu-precise_4.3.0.37-1_i386.deb
setelah terinstall kita bisa menjalankan skypenya dari menu search application and file. Setelah skype dijalankan bisa kita tambahkan pada launcher dengan mengklik kanan aplikasi skype dan pilih add to launcher.

Dan itulah sedikit pengalaman saya cara install skype di ubuntu 14.04
mudah-mudahan bermanfaat, salam sharing (^_^)

0 komentar