Review tentang Mikrotik

Review tentang Mikrotik

Kali ini saya akan mereview kembali mengenai mikrotik. apakah itu mikrotik, buat siapa, kapan di gunakan, dimana biasanya di gunakan, kenapa digunakan dan bagaimana cara menggunakannya.

Saya harap artikel ini bisa menjawab semua itu dan yang terpenting nantinya akan saya tulis juga tutorial mengenai mikrotik dan bagaimana tips serta triknya.

Apakah Mikrotik itu?
mikrotik adalah sebuah operating system yang digunakan untuk mengatur jaringan dalam hal ini yang saya maksudkan adalah sebuah router yang berupa software. Adapun perangkatnya bisa komputer biasa bisa juga embed system yaitu perangkat kecil yang di dalamnya tertanam software default.

Buat siapa Mikrotik itu?
mikrotik biasanya digunakan oleh para network engineer untuk mengatur jaringan di kantor alias router. tetapi mikrotik biasanya digunakan oleh kantor-kantor yang tidak membutuhkan perangkat yang besar untuk megatur jaringan di dalam kantornya semisal 20-40 user. tetapi bisa juga di gunakan untuk skala yang lebih besar tetapi dengan mengganti dengan hardware yang memiliki kapasitas lebih besar. untuk saat ini mikrotik yang di embed ke dalam perangkat bervariasi mulai dari perangkat router kecil yaitu routerboard, wireless device, hingga CCR yang merupakan salah satu perangkat yang menggunakan mikrotik sebagai operating system di dalamnya.

Kapan kita menggunakan mikrotik?
pertanyaan yang sebenarnya mudah menjawabnya bagi yang sudah mengenal mikrotik. yaitu ketika ingin menggabungkan dua jaringan yang berbeda dan saat memerlukan perangkat untuk pembagian bandwith bagi masing-masing usernya, serta saat diperlukan pembatasan privelege mengenai apa yang perlu di akses apa yang tidak boleh diakses dan berapa besar akses atau privilege yang di berikan.

dimana kita menggunakan mikrotik?
biasanya mikrotik digunakan di kantor yang memiliki jaringan  komputer atau beberapa komputer yang memerlukan koneksi ke jaringan komputer yang lain. Jadi apabila di kantor itu semuanya menggunakan modem di masing-masing komputernya maka mikrotik tidak bisa diaplikasikan atau digunakan. hehehehe

mengapa kita menggunakan mikrotik?
karena kita memerlukan perangkat yang simple, murah, mudah digunakan dan yang terpenting tidak murahan :D. mikrotik merupakan salah satu solusi dari kebutuhan kantor untuk membuat jaringan komputer yang mudah dan ekonomis tetapi tidak murahan karena mikrotik merupakan perangkat yang cukup powerfull dan terjangkau dibandingkan perangkat router sekelasnya.

Bagaimana menggunakan mikrotik?
untuk menggunakan mikrotik kita memerlukan beberapa hak akses yaitu setidaknya username, password dan ip address dari mikrotik itu sendiri :D. Bagaimana kita mengaksesnya? saya biasanya menggunakan winbox yaitu program dari mikrotik yang digunakan untuk mengakses mikrotik dengan interface mereka, tetapi bisa juga menggunakan telnet, ssh, browser, dan aplikasi yang disambungkan dengan API milik mikrotik.

Bagaimana mengkonfigurasi mikrotik agar dapat digunakan?
untuk bagian ini tunggu artikel saya konfigurasi dasar mikrotik di routerboard.

salam

0 komentar