Konfigurasi Interface Pada Mikrotik routerboard Part 2

Konfigurasi Interface Pada Mikrotik Routerboard Menggunakan Winbox

Pada kesempatan sebelumnya sudah saya jelaskan bagaimana mengkonfigurasi interface mikrotik menggunakan putty atau hanya command line interface saja. kali ini yang saya bahas menggunakan tool yang berbeda meskipun hasilnya nanti akan sama saja. ibarat kata banyak jalan menuju roma begitu pula dengan yang bisa dilakukan pada mikrotik.

masuk ke dalam mikrotik menggunakan winbox, dan sebaiknya apabila terdapat IP addressnya kita menggunakan IP address tersebut. mengapa menggunakan ip address kenapa tidak hanya menggunakan mac-address? karena ip address berada di layer 3dan memiliki nilai transfer data yang lebih besar bila di bandingkan dengan menggunakan mac-address yang berada di layer 2 dan correct coruption error lebih bisa di mungkinkan pada layer 3.

kemudian pilih menu interface pada sisi kiri, yang nantinya akan menampilkan interface dari perangkat routerboard yang sedang diakses.

untuk menonaktifkan interface atau mengaktifkan kembali interface dapat men-select pada interface terlebih dahulu kemudian pilih enable atau disable pada pilihan menu yang tersedia.


interface di mikrotik di aktifkan atau di nonaktifkan sebagai salah satu faktor security agar interface yang tidak digunakan tidak gunakan yang lain. 

interface di mikrotik secara default berfungsi sebagai router yaitu menghubungkan satu network dengan network yang lain yang berbeda segmentasi. apabila menginginkan menghubungkan pada segmen yang sama, ada customisasi dari mikrotik agar di set sebagai switch port atau di set sebagai bridge pada interfacenya. untuk konfigurasi menjadi switch akan saya jelaskan pada kesempatan yang lain.

salam


0 komentar