cara mereset printer epson l110, l300, l350, l355 peringatan error ink run out

cara mereset printer epson l110, l300, l350, l355 peringatan error ink run out

kali ini saya ingin share bagaimana mereset printer-printer yang sering digunakan di kantor. seharusnya printer yang ada dikantor tidak boleh diisi melainkan diganti cartridgenya tetapi karena kekreatifan masyarakat Indonesia sehingga apapun bisa. Sesuai dengan semboyan we are human so many creation, kalo tidak di oprek bukan manusia namanya :D

sekali dua kali kita mengisi tinta pada cartridge tidak akan ada masalah tetapi setelah beberapa waktu maka akan keluar warning atau pesan bahwa tinta habis padahal baru saja kita isi tintanya. Setiap printer biasanya berbeda peringatannya tetapi kalau diartikan sama. Peringatan dengan tulisan Ink Run Out . pada Epson L110 peringatan muncul seperti gambar di bawah ini.

Sebenarnya peringatan error diatas terjadi karena sensor pengisian tinta tidak merespon pada tinta lain selain dari Epson sendiri sehingga memunculkan peringatan bahwa tinta habis. Untuk mengatasinya cukup mendisable status tinta itu. Caranya sebagai berikut.

Langkah pertama, hidupkan printer, head printer akan bergerak ke kanan dan ke kiri untuk menentukan jarak dan posisi settingan printer. Dan hal itu merupakan ritual yang harus diselesaikan oleh printer :D . tunggu hingga proses booting printer selesai, biasanya led indicator printer akan menyala juga.
Langkah kedua, tekan tombol Resume dan tahan selama 5 Detik ,biasanya tombol resume bergambar kertas.
Langkah ketiga, lepaskan tombol resume kemudian tekan lagi pada tombol resume lalu tahan kurang lebih sekitar 3 Detik kemudian lepaskan
Kemudian tekan lagi dengan segera pada tombol resume lagi dan kemudian lepaskan
Dan tara.. printer anda siap untuk anda gunakan kembali

Dan sekian tentang bagaimana mereset printer l1110, l300, l350, l355 peringatan error ink run out
semoga bermanfaat, salam sharing (^_^)

1 komentar: