cara membuat usb stick, booting menggunakan flashdisk

cara membuat usb stick, booting menggunakan flashdisk

Teknologi usb hingga saat ini berkembang sangat pesat dari awalnya hanya 128MB hingga saat ini sudah ada yang 64GB. hal ini menimbulkan kreasi tersendiri bagi praktisi komputer terutama para teknisi komputer yang setiap hari selalu bergelut dengan yang namanya instalasi operating system.  Menyusul tulisan saya yang sebelumnya cara kloning hardisk menggunakan flashdisk atau usb stick maka  saya akan membahas bagaimana sih cara membuat usb stick, booting menggunakan flashdisk.

Dulu sewaktu masih kerja freelance install komputer warnet sempat terbersit menjual usb stick yang multifungsi, bisa install windows xp, windows vista, windows 7, ubuntu, dan operating system yang lain dengan satu flashdisk saja. Tetapi sayang hal itu belum terwujud, soalnya gk dikerjain-kerjain. wkwkwkwk.. gara-gara ane termasuk pemalas orangnya :D.

Pernah sekali saya mampir ke toko tempat saya bekerja ternyata ide saya itu sudah di pakai oleh junior saya, pas saya Tanya kog bisa seperti itu. Dia malah bingung kan yang ngajarin kamu. Saya cumin manggut-manggut doank.. wkwkwkwkwk

Back to topic yah :)
Bahan yang diperlukan untuk membuat usb stick, booting menggunakan flashdisk
yang perlu kita siapkan adalah flashdisk dengan kapasitas minimal 256MB apabila ditambah dengan image klone minimal 8GB. Karena image klone biasanya sebesar 4GB apabila dengan full aplikasi dan driver yang sudah termasuk didalamnya. Ouwh iya jangan lupa bahwa satu file tidak dapat disimpan di media penyimpanan apabila besarnya hampir 50 persen atau lebih dari besarnya kapasitas media penyimpanan. Kalau tidak percaya silahkan dicoba sendiri :D .

aplikasi yang perlu disiapkan ada 2 yaitu norton ghost portable dan usb boot creator atau usb_format dan menggunakan dos milik windows yang tanpa license alias gratis. Usb format sebenarnya aplikasi milik HP seinget saya tetapi tanpa license, dan awal keluar juga disertakan pada driver usb yang dahulu kala, tetapi saat ini sudah tersebar dan tanpa license, gpl kali yach license nya tapi kog gk ada source code nya :D
Trus bagaimana dengan license norton ghost sendiri? Kalau menurut saya sih gratis wkwkwkwkwk… kalau harus bayar, ntar saya minta si norton untuk mengajari saya dulu dech :D

untuk yang belum mempunyai kedua file tersebut bisa download dimari yach :) besarnya tidak lebih dari 5MB

cara membuat usb stick, booting menggunakan flashdisk

caranya cukup simple, langsung jalankan saja usb format.  Nanti akan terlihat seperti di bawah ini

Gunakan format partisi fat atau fat32 karena DOS tidak dapat boot menggunakan format NTFS. Kalaupun bisa harus dimodifikasi terlebih dahulu dengan menambahkan file yang akan membaca format ntfs ntfs.ldr pada windows xp. Saya mendapatkannya pada partisi system yang di hide.  Tapi yang saya jelaskan disini dengan format fat32 saja kalau anda mau berkreasi ya silahkan :)

Setelah selesai membuat usb boot dan track usb dapat booting maka kita tinggal mereplace file dari folder norton ghost semuanya.
Dan akhirnya selesai juga artikel ini .

Itulah sedikit pengalaman saya cara membuat usb stick, booting menggunakan flashdisk
mudah-mudahan bermanfaat, salam sharing (^_^)

1 komentar: