Cara Mengganti Hostname di Centos7

Cara Mengganti Hostname di Centos7

Kali ini saya ingin sharing bagaimana sich caranya mengganti hostname di centos7? Mengapa harus diganti? Kalau tidak diganti emang kenapa, kalaupun diganti untungnya apa? Dan yang tidak kalah penting, apa sich sebenarnya hotname itu?

Hostname, dari artinya saja sudah terlihat bahwa artinya adalah nama host dalam hal ini yang dimaksud host adalah komputer, server, device, router dan lain sebagainya yang berkaitan dengan teknologi komputer yang mana perangkat tersebut dapat berkomunikasi dengan perangkat lain. Selanjutnya saya sebut sebagai komputer saja.

Penggunaan nama hostname berfungsi untuk membedakan antara komputer satu dan komputer yang lain, hal ini agar memudahkan pengenalan masing-masing komputer di dalam jaringan. Untuk jaringan dengan skala yang lebih besar digunakanlah dns atau domain name server untuk masing-masing ip address yang diberikan kepada komputer. Hal ini untuk menjembatani antara dunia komputer dan dunia manusia dengan kata lain penggunaan dns atau hostname ini agar komputer lebih user friendly. Tanpa harus menyebutkan ip address atau mac addres dapat langsung menunjuk pada komputer yang bersangkutan.

Hostname harus diganti dengan tujuan untuk mempermudah dalam mengidentifikasi masing-masing komputer. Saat ini mulai dari windows7 hingga windows10 sudah mulai diberlakukan penggunaan hostname dan workgroup secara signifikan, sehingga komputer berbagi sharing tidak lagi bergantung dengan ip address karena ip address sudah banyak yang menggunakan dhcp secara otomatis, sehingga terkadang satu komputer dapat beberapa kali berganti ip address. Dalam jaringan lokal apabila digunakan printer sharing dapat dibuat berdasarkan hostname saja, dan apabila server dhcp restart dan komputer mendapat pembaruan ip address maka komputer name atau hostname masih tetap dan tidak berubah.

Bagaimana dengan hostname di linux? Nah hostname di linux lebih di arahkan ke service yang diberikan oleh komputer linux. misalnya server web, kita tidak perlu lagi memanggil komputernya dengan ip addressnya tetapi cukup memanggil komputerweb atau bisa juga systemweb tergantung dari pemberian nama hostname.

Back to topic, cara mengganti hostname di centos7
Untuk mengganti hostname di centos7 dapat menggunakan 4 cara, yaitu menggunakan gui network manager alias dengan perintah nmtui, yang kedua dengan mengubahnya dari penamaan hostname di file yang sudah di tentukan dari centos7 yaitu file hostname, yang ketiga menggunakan nmcli dan yang terakhir menggunakan hostnamectl

Cara mengganti hostname centos7 menggunakan nmtui
Untuk mengganti hostname, kita harus masuk sebagai root. Ketikkan perintah berikut
sudo nmtui
Akan menampilkan seperti gambar di bawah ini

Kemudian pilih set system hostname, dan ganti nama hostname yang defaultnya adalah localhost.localdomain menjadi sesuai yang kita perlukan misalnya webserver. Kemudian pilih oke maka hostname akan berubah sesuai dengan perubahan yang kita masukkan.

Cara menganti hostname di centos7 dengan mengganti file hostname
Sebelumnya cek terlebih dahulu hostname komputer dengan menjalankan perintah
hostname
Kemudian untuk merubahnya ketikkan perintah
sudo vi /etc/hostname
dan rubah nama hostname yang sebelumnya localhost.localdomain menjadi webserver kemudian restart komputer.

Menggunakan perintah nmcli, network manager command line interface
Mengganti hostname menggunakan nmcli cukup diketikkan perintah
sudo nmcli general hostname webserver
kemudian cek kembali nama hostname dengan mengetikkan
hostname
Dan yang terakhir menggunakan perintah hostnamectl. Untuk mengetahui nama hostname menggunakan hostnamectl cukup ketikkan perintah
hostnamectl status
maka akan menampilkan nama hostname dari komputer centos7
penggunaan hostnamectl ada 3 opsi yaitu static, transient dan pretty.
  • Opsi static apabila penggunaan nama hostname dijadikan static dan langsung mengubah nilai pada /etc/hostname dengan kata lain tertanam pada kernel
  • Opsi transient, yang berarti sementara. Penggunaannya yaitu pada saat run sekali, penggunaan opsi ini contohnya untuk server dhcp atau mDNS.
  • Opsi pretty,yang artinya cantik :D maksudnya adalah penamaan hostname yang tidak mengindahkan aturan penamaan, dan penamaannya seenaknya sendiri. Contoh “webserver gue” dan lain sebagainya
Untuk menggganti hostname menggunakan hostnamectl cukup ketikan perintah
sudo hostnamectl --static set-hostname webserver
Atau bisa cukup dengan perintah
sudo hostnamectl set-hostname webserver

Dan itulah sedikit pengalaman saya cara mengganti hostname di centos7
mudah-mudahan bermanfaat, salam sharing (^_^)

0 komentar