Mengatasi error pada ubuntu 14.04

Mengatasi error pada ubuntu 14.04

Ubuntu 14.04 merupakan operating system yang powerfull di samping securitynya sangat bagus, stabil dan banyak sekali supportnya.  Baik itu support dari berbagai forum, dari official ubuntu maupun dari komunitas ubuntu yang saat ini sangat besar. Nah kali ini ingin share permasalahan saya ketika salah satu komputer di user tempat saya bekerja menjadi blinking, saya mengatakan kepada teman-teman saya bahwa komputernya ngajak main mata. Wkwkwkwkwk.

Dari problem yang ada saya diminta untuk memperbaikinya, sebenarnya agak malas kalau mengerjakan dari pekerjaan orang lain dan nantinya report pekerjaan bukan saya yang mengambil, karena saya sebagai spv mau tidak mau harus menyelesaikannya. Dan di sinilah repotnya kalau menjadi spv dadakan dan tidak memiliki wewenang yang diberikan oleh perusahaan dan tentu saja harus membantu bawahan kamu. Bagaimana bila bawahan kamu yang berharap agar mendapatkan jabatan kamu sedangkan kamu harus membantunya bagaimanapun juga karena itu adalah bawahan kamu. That’s right dilemma at every job. Helping people to killing you or killing  people to survive.  Difficult choice isn’t , and killing people is not my type :D . kog jadi curhat sich  hehehehe...

Back to topik, mengatasi error  update manager pada ubuntu 14.04
Yang pertama saya lakukan adalah pengecekan update dan melakukan upgrade dengan melakukan perintah
sudo Apt-get updatesudo Apt-get upgrade
Setelah update, semuanya baik-baik saja tetapi komputer masih main mata :D . kemudian setelah upgrade terlihat ada proses instalasi yang error, berdasarkan warning yang saya baca kesalahan error dikarenakan ada beberapa yang harus dipaksa install agar tidak berhenti dan terdapat perintah running sudo dpkg –f yang menunjukkan bahwa beberapa aplikasi belum berhasil di unpack dan berhenti di tengah jalan, sebenarnya bisa di stop menggunakan perintah kill tetapi hal itu tidak menyelesaikan masalah. Akhirnya saya jalankan perintah
sudo dpkg –f
Dan akhirnya berhasil komputer sudah tidak main mata lagi. Tetapi masih terlihat warning pada update manager yang menunjukkan bahwa masih ada beberapa yang belum selesai. Warning yang muncul adalah hplib dan ada beberapa kata yang menyebutkan cups, kemungkinan hal ini dikarenakan update driver printer, kemudian setelah saya update ternyata masih error lagi dengan peringatan tentang chrome, yang menunjukkan error dari instalasi google chrome. Untuk melakukan pengecekan install chrome.  Saya melakukan perintah berikut apabila ada instalasi yang stack dan tidak mau berjalan dengan baik
sudo apt-get install –f
Dan ternyata benar ternyata chrome melakukan update tetapi update manager tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik sehingga berhenti.

Memang ada beberapa forum yang meyebutkan bahwa chrome terbaru tidak stabil di ubuntu 14.04. tetapi hal ini masih berjalan baik. Langkah selanjutnya yang saya lakukan autoremove dan autoclean untuk menghapus aplikasi yang tidak terinstall dan tidak berjalan dengan baik. Dengan perintah
sudo apt-get autoremove –f
sudo apt-get autoclean –y
Dan akhirnya berhasil, pesan error tidak lagi tampil. Dan selanjutnya saya tinggal melakukan update aplikasi yang sudah di remove . dengan ritual ubuntu tentunya
sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade
Dan akhirnya update manager kembali normal. dan dapat melakukan tugasnya dengan baik

Kesimpulan dari permasalahan ini adalah error pada ubuntu 14.04 dikarenakan update manager mengalami update, chrome dan driver printer, sehingga update tidak dapat dilakukan bersama-sama melainkan harus bergantian.

Untuk mengatasinya hanya diperlukan force install aplikasi yang sudah di install dan selanjutnya di lakukan perbaikan. Proses instalasi sendiri pada distro linux merupakan hal yang sacral karena hamper menyinggung dari kernelnya. Dan itu merupakan masalah terutama security. Dan distro linux sangat waspada dengan security, itulah sebabnya beberapa instalasi sangat sedikit merepotkan. Berbeda dengan windows :)

Dan akhirnya selesai tulisan mengenai troubleshooting mengatasi error pada ubuntu 14.04
mudah-mudahan bermanfaat, salam sharing (^_^)

1 komentar: