cara kloning hardisk menggunakan flashdisk atau usb stick

cara kloning hardisk menggunakan flashdisk atau usb stick 

Dari judulnya saja terlihat kata-kata kloning dalam artian menduplikasi yang saya maksudkan di dalam artikel saya ini adalah menduplikasi operating system yang sudah terinstall yang selanjutnya dijadikan satu file image dan kemudian dapat digunakan untuk menghasilkan duplikasi dari operating yang sudah terinstall sebelumnya. Dalam artian gampangnya itu mencopy windowsnya dan tidak perlu lagi install ulang lagi.

Kali ini yang saya bahas mengkloning windows saja, karena kalau linux partisi hanya sebagai logika saja sedangkan windows partisi terdiri dari beberapa dan benar-benar dijadikan sebuah tempat penyimpanan, sedangkan mac OS masih belum tahu, karena keterbatasan ilmu saya :D

Untuk mengkloning windows yang kita perlukan adalah usb stick yang berisi Norton ghost atu bisa juga hiren boot. Karena judulnya menggunakan flashdisk maka yang saya bahas menggunakan flashdisk juga :D . sebenarnya setelah masuk kedalam tamplan norton ghost langkah-langkahnya sama. Untuk pembuatan usb stick atau booting dari usb akan saya bahas tersendiri di artikel saya, tetapi karena belum saya buat artikelnya ya tunggu updatean selanjutnya saja ya :D . berikut cara kloning hardisk menggunakan flashdisk atau usb stick yang akan saya jelaskan langkah perlangkah

Langkah pertama, booting menggunakan usb.
Untuk booting ke usb dapat disetting melalui bios komputer dengan menekan tombol delete saat komputer hidup pertama kali atau langsung masuk pilihan booting dengan menekan tombol F8, pilihan booting di komputer berbeda-beda tergantung dari tipe motherboardnya. Biasanya pilihan booting adalah F8, F11, F12 atau F2 ada juga yang F10 atau apabila masih bingung dicoba saja satu-satu :D gak bikin komputer rusak kog asalkan tidak mematikan komputer secara paksa.

Langkah kedua, masuk boot ke norton ghost 
Setelah booting ke dalam usb maka akan tampil pilihan booting dan pilih menu norton ghost, tunggu beberapa saat. Maka akan tampil gambar seperti berikut

Kemudian klik oke

Langkah ketiga, membuat image kloning 
Ada beberapa cara untuk kloning, untuk lebih mudahnya saya contohkan cara dari partisi menjadi image kemudian dari image ke partisi. Adapun Untuk penjelasan pilihan lainnya sebagai berikut
Local > disk > to disk , digunakan apabila ingin mengkloning dari satu hardisk ke hardisk yang lain 
Local > disk > to image, digunakan apabila ingin membuat image kloning dari satu hardisk penuh 
Local > disk > from image, digunakan apabila ingin merestore image kloning ke hardisk 
Local > partition to partition, digunakan apabila ingin mengkloning dari satu partisi ke partisi yang lain
Local > partition > To image, digunakan apabila ingin membuat image kloning dari satu partisi penuh 
Local > partition > From image, digunakan apabila ingin merestore image kloning ke partisi 
Local > check, digunakan untuk mengecek kondisi hardisk apakah ada boot sector atau tidak, biasanya tidak saya pakai karena hanya untuk pengecekan saja tidak bisa untuk memperbaiki terkecuali didalam boot ini dipasang partition magic juga.

Berarti untuk membuat image kloning kita memilih opsi local>partition>to image tampilannya seperti berikut
Kemudian pilih hardisk dari lokasi partisi. Biasanya terbaca ada pada local (1), pastikan dengan melihat ukuran dan nomor seri hardisk
Kemudian pilih partisi yang akan dijadikan image. Biasanya lokasi windows pada primary drive. Untuk menentukan partisi yang benar perhatikan tipe file system, ukuran, dan label partisi. Dan pastikan bahwa partisi yang dipilih sudah benar.
Kemudian tentukan partisi hardisk mana yang akan digunakan untuk menyimpan file hasil create image. Berikan juga nama misalnya klone.gho.
Kemudian akan muncul pilihan kompresi image file.
NO , digunakan apabila tidak ingin mengubah ukuran file image dari ukuran aslinya. 
FAST, digunakan apabila ingin hasil image dikompresi sekitar 30% dari ukuran aslinya 
HIGH, digunakan apabila ingin hasil image dikompresi sekitar 60% dari ukuran aslinya tetapi prosesnya akan berjalan lebih lama.
Selanjutnya akan muncul peringatan “processed with partition image creation” yang maksudnya akan membuat file image ynag terdapat langkah pembuatan pastisi. Pilih saja yes Dan kita tinggal menunggu saja hingga muncul “image creation completed succesfully” , pilih continue dan quit untuk keluar dari program. File image sudah berhasil kita buat dan bisa dicek di lokasi folder yang ditentukan tadi.

Langkah keempat, restore windows dari image klone 
Ini merupakan pekerjaan rutin untuk merestore dari image klone yang sudah kita buat, karena image klone yang sudah kita buat bisa digunakan untuk komputer yang lain juga yang sama tipe chipset motherboardnya.

Untuk merestore hasil kloning, bisa dilakukan seperti langkah pertama dan langkah kedua tetapi untuk selanjutnya kita memilih from image, ada dua pilihan from image. Bisa satu partisi yang di format atau satu hardisk sekaligus. Untuk komputer yang sebelumnya terdapat partisi untuk penyimpanan data sebaiknya menggunakan partition from image supaya data pada partisi yang lain tidak hilang. Apabila tidak ada data yang disimpan atau hardisknya masih kosong bisa langsung menggunakan disk from image. 
Kemudian cari file image clone yang sebelumnya sudah dibuat. Apabila lokasi image klonenya ada di flashdisk atau external hardisk sebaiknya dipasang dulu sebelum komputer booting, karena operating system dari usb stick ini menggunakan dos sehingga tidak bisa plug and play.

Langkah selanjutnya hampir sama dengan langkah ketiga. Perhatikan pula dalam pemilihan hardisk atau partisi yang direstore, jangan sampai salah karena datanya tidak bisa diambil lagi, kalaupun bisa hasilnya tidak bisa 100 persen kembali. Selanjutnya tinggal menunggu prosesnya saja hingga muncul peringatan sukses . dan pilih yes untuk merestart komputer.

Perbedaan yang mencolok dari kloning hardisk menggunaan flashdisk atau usb stick dengan menginstall menggunakan drive adalah partisi system. Sebagai missal pada windows xp terdapat partisi system sekitar 8MB, meskipun kecil tetapi hal ini tetap digunakan oleh windows, pada windows vista dan windows 7 pun demikian. Tetapi hal ini tidak terlalu berpengaruh besar dengan kinerja komputernya karena memori komputer saat ini rata-rata sudah besar.

Itulah sedikit pengalaman saya cara kloning hardisk menggunakan flashdisk atau usb stick mudah-mudahan bermanfaat, salam sharing (^_^)

0 komentar